Panduan
Penerapan Teori Kepribadian dan Pilihan Karir Jhon L. Holland
Melalui
Pelajaran Bahasa Inggris
Untuk Mengembangkan Karakter Kesadaran Karir Siswa
Sekolah Dasar
Oleh
Mufida
Istati
PENDAHULUAN
Program karir sekolah pendidikan dasar membangun
kesadaran diri, kesadaran keluarga, kesadaran sekolah, kesadaran masyarakat,
karir / pekerjaan kesadaran, pengembangan sikap, pengembangan keterampilan,
strategi pengambilan keputusan, dan harga diri. Program karir sekolah dasar
kesadaran menggunakan bahan yang sesuai usia yang sesuai dengan tingkat
perkembangan siswa. Sebagai hasil dari pendidikan karir, sekolah melaporkan
bahwa siswa memiliki nilai yang lebih tinggi dan prestasi akademis, peningkatan
keterlibatan sekolah dan kinerja, serta peningkatan kesadaran eksplorasi karir,
pribadi, dan keterampilan interpersonal. Karir kegiatan kesadaran termasuk
Rencana Karir Individu (ICP), Karir individu Mengembangkan Portofolio (ICDP), Career Days, Pameran Karir, Kunjungan
lapangan, informasi wawancara, dan laporan buku perpustakaan.
Teori kepribadian dan
pilihan karir Jhon L. Holland berasumsi bahwa perkembangan pilihan karir
seseorang dipengaruhi oleh karakter kepribadiannya. Tipe kepribadian menurut
Jhon L. Holland ada 6 yaitu tipe Realistik (The
Realistic Type), tipe Peneliti (The
Investigative Type), tipe seniman (The
Artistic Type), tipe Sosial (The
Social Type), tipe Pengusaha (The
Enterpresing Type), dan tipe Orang Rutin (Conventional Type). Penerapan teori ini dapat diaplikasikan dalam
mata pelajaran bahasa inggriss sebagai upaya menanamkan karakter kesadaran
karir sejak dini bagi siswa sekolah dasar.
Bahasa
inggris sebagai mata pelajaran yang memberikan keterampilan berbahasa inggris
bagi siswa. Pada level sekolah dasar pelajaran bahasa inggris berada pada tahap
pengenalan dan pemahaman. Proses pembelajaran bahasa inggris diharapkan dalam
kondisi yang menyenangkan bagi siswa sehingga membuat siswa tertarik untuk
terus mengembangkan kemampuan berbahasa inggrisnya. Salah satu teknik yang
dapat digunakan dalam proses pembelajaran bahasa inggris adalah melalui video.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH :
_____________________
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
III/1
Standar Kompetensi :
1.
Memahami instruksi sangat
sederhana dengan tindakan dalam konteks sekolah
Kompetensi Dasar :
1.1
Merespon dengan mengulang
kosakata atau kalimat baru dengan ucapan lantang
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit
Tujuan Pembelajaran** :
1. Siswa
dapat mengulang apa yang didengarnya dengan suara lantang
2. Siswa dapat mengulang apa yang
didengarnya dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar
Karakter siswa
yang diharapkan : kesadaran karir (career
awareness)
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan
perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran :
1. Siswa
bersama-sama mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata dan
kalimat-kalimat baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD (video)
2. Masing-masing siswa mengulang dengan
suara lantang kosakata-kosakata dan kalimat-kalimat baru yang diucapkan guru
atau didengar dari kaset/CD (video)
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi
:
·
Guru memperlihatkan gambar besar yang
mengilustrasikan topik bab yang dibahas.
·
Guru bertanya pada siswa apakah mereka
mengetahui nama-nama benda yang ada dalam gambar.
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
F Siswa dapat mengulang
apa yang didengarnya dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar
& Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
F Siswa diminta mendengar apa yang diucapkan guru atau
didengar dari kaset/CD dan mengulang apa yang mereka dengar secara klasikal.
F Siswa mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar
dari kaset/CD secara kelompok dan individu.
F Guru memperhatikan pengucapan bahasa Inggris siswa dan
membetulkan jika ada pengucapan yang salah.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui
siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
3. Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Guru menunjuk setiap siswa secara acak untuk menyebutkan
apa yang diucapkan guru dengan lantang (kegiatan ini dilakukan dengan cepat).
F Guru meminta siswa
untuk mengulang kembali di rumah pelajaran yang telah diberikan di kelas.
Alat/Sumber Belajar:
- Gambar-gambar atau benda-benda yang berkaitan dengan
materi ajar
- Video
- Laptop dan LCD
- Buku-buku lain yang relevan
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Merespon dengan mengulang apa yang
diucapkan guru atau didengar dari file video dengan suara lantang
§ Merespon dengan mengulang apa yang
diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris
yang benar
§ Siswa mengenal berbagai profesi dan memahami pekerjaan yang
cocok untuk dirinya
|
Tes lisan
Tes
lisan
Tes
lisan
|
Merespon dengan mengulang
secara lisan
Merespon dengan mengulang
secara lisan
|
Listen to the words and repeat.
Guru: crayon
Murid: (mengulang dengan ucapan lantang)
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua
salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
*
Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
*
aktif Praktek
*
kadang-kadang aktif
* tidak
aktif
* Sikap
*
kadang-kadang Sikap
* tidak
Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka
diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
PELAKSANAAN
1.Tahap
Awal (15 menit)
Pada tahap awal ini
merupakan tahap pengenalan kepada siswa mengenai tujuan, dan proses
pembelajaran. Guru memperkenalkan materi yang akan dipelajari dengan cara yang
semenarik mungkin misalnya dengan menggunakan bahasa inggris yang sederhana
sehingga dapat memotivasi siswa untuk terus aktif terlibat dalam pembelajaran
ini.
2.Tahap pertengahan :
tahap kerja (45 menit)
Pada tahap kerja ada
beberapa video yang ditampilkan yaitu : pertama video hobby, siswa menonton
video tersebut kemudian siswa diberikan tugas untuk memilih dari beberapa jenis
video tersebut yang mana memiliki kesamaan
pada dirinya. Setelah siswa selesai mengerjakan tugas I maka guru menjelaskan
pengaruh kepribadian atau hal-hal yang disukai anak dalam pemilihan karir.
Siswa juga mempelajari kosakata baru dalam macam-macam hobi baik penulisan
maupun pengucapannya.
Video ke dua adalah
menampilkan video pekerjaan yang memberikan gambaran mengenai jenis-jenis
pekerjaan. Guru memberikan contoh siswa yang menyukai bermain piano (musik)
maka cenderung pilihan karir yang sesuai untuk anak tersebut adalah bidang
artistic dan seterusnya. Sehingga siswa menemukan pilihan karir yang sesuai
dengan kepribadian atau hal-hal yang disukainya.
Siswa juga mempelajari
kosakata baru mengenai macam-macam pekerjaan dan dapat menjelaskan bagaimana
pekerjaan tersebut, misalnya apa yang dilakukan?, dimana tempat bekerjanya? Dan
apakah pekerjaan tersebut sesuai dengan diri saya?
3. Tahap Penutup: evaluasi (30 menit)
Tahap penutup merupakan bagian
evaluasi dari kegiatan pembelajaran bahasa inggris ini. Guru memberikan tugas
berupa lembar soal yang akan diberikan kepada siswa. tugas tersebut meliputi
jenis-jenis hobi dan pekerjaan serta siswa menuliskan cita-cita atau pilihan
karir yang dipilihnya untuk masa depan. Selain itu siswa juga menuliskan
hal-hal yang harus dilakukannya untuk mencapai cita-cita tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar