Kamis, 25 April 2013

Bimbingan Karir untuk Siswa SD


Panduan Penerapan Teori Kepribadian dan Pilihan Karir Jhon L. Holland
Melalui Pelajaran Bahasa Inggris
 Untuk  Mengembangkan Karakter Kesadaran Karir Siswa Sekolah Dasar

Oleh
Mufida Istati

PENDAHULUAN
Program karir sekolah pendidikan dasar membangun kesadaran diri, kesadaran keluarga, kesadaran sekolah, kesadaran masyarakat, karir / pekerjaan kesadaran, pengembangan sikap, pengembangan keterampilan, strategi pengambilan keputusan, dan harga diri. Program karir sekolah dasar kesadaran menggunakan bahan yang sesuai usia yang sesuai dengan tingkat perkembangan siswa. Sebagai hasil dari pendidikan karir, sekolah melaporkan bahwa siswa memiliki nilai yang lebih tinggi dan prestasi akademis, peningkatan keterlibatan sekolah dan kinerja, serta peningkatan kesadaran eksplorasi karir, pribadi, dan keterampilan interpersonal. Karir kegiatan kesadaran termasuk Rencana Karir Individu (ICP), Karir individu Mengembangkan Portofolio (ICDP), Career Days, Pameran Karir, Kunjungan lapangan, informasi wawancara, dan laporan buku perpustakaan.
Teori kepribadian dan pilihan karir Jhon L. Holland berasumsi bahwa perkembangan pilihan karir seseorang dipengaruhi oleh karakter kepribadiannya. Tipe kepribadian menurut Jhon L. Holland ada 6 yaitu tipe Realistik (The Realistic Type), tipe Peneliti (The Investigative Type), tipe seniman (The Artistic Type), tipe Sosial (The Social Type), tipe Pengusaha (The Enterpresing Type), dan tipe Orang Rutin (Conventional Type). Penerapan teori ini dapat diaplikasikan dalam mata pelajaran bahasa inggriss sebagai upaya menanamkan karakter kesadaran karir sejak dini bagi siswa sekolah dasar.


Bahasa inggris sebagai mata pelajaran yang memberikan keterampilan berbahasa inggris bagi siswa. Pada level sekolah dasar pelajaran bahasa inggris berada pada tahap pengenalan dan pemahaman. Proses pembelajaran bahasa inggris diharapkan dalam kondisi yang menyenangkan bagi siswa sehingga membuat siswa tertarik untuk terus mengembangkan kemampuan berbahasa inggrisnya. Salah satu teknik yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran bahasa inggris adalah melalui video.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


NAMA SEKOLAH                               :   _____________________
Mata Pelajaran                                 :   Bahasa Inggris
Kelas/Semester                                :   III/1
Standar Kompetensi                       :   1.            Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks sekolah
Kompetensi Dasar                           :   1.1          Merespon dengan mengulang kosakata atau kalimat baru dengan ucapan lantang
Alokasi Waktu                                   :   2 x 45 menit
Tujuan Pembelajaran**               :   1.            Siswa dapat mengulang apa yang didengarnya dengan suara lantang
                                                                    2.            Siswa dapat mengulang apa yang didengarnya dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar
Karakter siswa yang diharapkan :             kesadaran karir (career awareness)
                                                                                Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran                  :   1.            Siswa bersama-sama mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata dan kalimat-kalimat baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD (video)
                                                                    2.            Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata dan kalimat-kalimat baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD (video)

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
·  Guru memperlihatkan gambar besar yang mengilustrasikan topik bab yang dibahas.
·  Guru bertanya pada siswa apakah mereka mengetahui nama-nama benda yang ada dalam gambar.
2.       Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Siswa dapat mengulang apa yang didengarnya dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Siswa diminta mendengar apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dan mengulang apa yang mereka dengar secara klasikal.
F  Siswa mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD secara kelompok dan individu.
F  Guru memperhatikan pengucapan bahasa Inggris siswa dan membetulkan jika ada pengucapan yang salah.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.  Kegiatan Penutup
        Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Guru menunjuk setiap siswa secara acak untuk menyebutkan apa yang diucapkan guru dengan lantang (kegiatan ini dilakukan dengan cepat).
F  Guru meminta siswa untuk mengulang kembali di rumah pelajaran yang telah diberikan di kelas.
Alat/Sumber Belajar:
  1. Gambar-gambar atau benda-benda yang berkaitan dengan materi ajar
  2. Video
  3. Laptop dan LCD
  4. Buku-buku lain yang relevan

Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari file video dengan suara lantang
§ Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar
§ Siswa mengenal berbagai profesi dan memahami pekerjaan yang cocok untuk dirinya

Tes  lisan


Tes lisan



Tes lisan








Merespon dengan mengulang secara lisan

Merespon dengan mengulang secara lisan




Listen to the words and repeat.
Guru: crayon
Murid: (mengulang dengan ucapan lantang)




FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                                                     ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                                                              
        Kepala Sekolah                                                                              Guru Mapel Bahasa Inggris

             ..................................                                                           ..................................
NIP :                                                                                              NIP :

PELAKSANAAN
1.Tahap Awal (15 menit)
Pada tahap awal ini merupakan tahap pengenalan kepada siswa mengenai tujuan, dan proses pembelajaran. Guru memperkenalkan materi yang akan dipelajari dengan cara yang semenarik mungkin misalnya dengan menggunakan bahasa inggris yang sederhana sehingga dapat memotivasi siswa untuk terus aktif terlibat dalam pembelajaran ini.
2.Tahap pertengahan : tahap kerja (45 menit)
Pada tahap kerja ada beberapa video yang ditampilkan yaitu : pertama video hobby, siswa menonton video tersebut kemudian siswa diberikan tugas untuk memilih dari beberapa jenis video tersebut  yang mana memiliki kesamaan pada dirinya. Setelah siswa selesai mengerjakan tugas I maka guru menjelaskan pengaruh kepribadian atau hal-hal yang disukai anak dalam pemilihan karir. Siswa juga mempelajari kosakata baru dalam macam-macam hobi baik penulisan maupun pengucapannya.
Video ke dua adalah menampilkan video pekerjaan yang memberikan gambaran mengenai jenis-jenis pekerjaan. Guru memberikan contoh siswa yang menyukai bermain piano (musik) maka cenderung pilihan karir yang sesuai untuk anak tersebut adalah bidang artistic dan seterusnya. Sehingga siswa menemukan pilihan karir yang sesuai dengan kepribadian atau hal-hal yang disukainya.
Siswa juga mempelajari kosakata baru mengenai macam-macam pekerjaan dan dapat menjelaskan bagaimana pekerjaan tersebut, misalnya apa yang dilakukan?, dimana tempat bekerjanya? Dan apakah pekerjaan tersebut sesuai dengan diri saya?
                     3. Tahap Penutup: evaluasi (30 menit)
Tahap penutup merupakan bagian evaluasi dari kegiatan pembelajaran bahasa inggris ini. Guru memberikan tugas berupa lembar soal yang akan diberikan kepada siswa. tugas tersebut meliputi jenis-jenis hobi dan pekerjaan serta siswa menuliskan cita-cita atau pilihan karir yang dipilihnya untuk masa depan. Selain itu siswa juga menuliskan hal-hal yang harus dilakukannya untuk mencapai cita-cita tersebut.





























Tidak ada komentar:

Posting Komentar